Nugget Tempe Makanan Sehat Penambah Selera Makan Anak

Nugget Tempe Makanan Sehat Penambah Selera Makan Anak

Nugget-Tempe-sehatNugget Tempe Makanan Sehat Penambah Selera Makan Anak - Anak-anak sering susah apabbila disuruh untuk makan, apalagi makan makanan berupa sayuran, mereka lebih suka makan makanan jajanan pabrik daripada makanan yang alami, padahal kalau kita lebih jeli dan lebih waspada terhadap kesehatan anak, makanan-makanan tersebut sangat tidak baik bagi tubuh si anak tadi, lalu bagaimana kita menyikapi hal tersebut?
untuk mengatasi anak suka jajan di luar bisa dengan cara mengkreasikan makanan yang sering kita suguhkan pada mereka sehari-hari, salah satunya dengan membuat Nugget Tempe selain alami buatan kita sendiri, nugget Tempe juga mengandung zat-zat yang berguna bagi tubuh anak, berikut bagaimana cara mengolah tempe menjadi Nugget yang enak.

Bahan Utama
  1. Tempe 1 papan atau setara dengan 400 gram. Kukus tempe tersebut dan kemudian haluskan. 
  2. Daging giling sebanyak 50 gram. 
  3. Roti tawar sebanyak 2 lembar. 
  4. Santan sebanyak 100 ml. 
  5. Telur sebanyak 3 butir. 
  6. Daun bawang sebanyak1 batang. Bersihkan dan iris halus. 
Bumbu Halus
  • Bawang putih 2 siung. 
  • Bawang merah sebanyak 5 siung. 
  • Ketumbar sebanyak 1/2 sendok teh. Sangrai dan haluskan. 
  • Merica bubuk sebanyak 1/4 sendok teh. 
  • Gula pasir sebanyak 1/4 sendok teh. 
  • Garam sebanyak 1 seperdua sendok teh. 
Bahan Pelapis Nugget Tempe
  • Putih telur dari 2 butir telur. 
  • Tepung panir sebanyak 100 gram. 
Cara Membuat Nugget Tempe

Langkah pertama, adalah rendam roti tawar di dalam santan. Diamkan beberapa waktu sampai meresap. Setelah hancurkan roti tawar dan campurkan bersama daging giling, tempe halus, irisan daun bawang, telur dan juga semua bumbu halus. Aduk sampai semua benar-benar tercampur. Selanjutnya, adonan dituang ke dalam loyang yang sebelumnya telah diolesi minyak dan diberikan alas plastik. Tunggu sampai adonan memadat. Anda bisa memasukkannya ke dalam lemari pendingin untuk mempercepat proses pemadatan. Selanjutnya kukus selama 45 menit sampai matang. Kemudian angkat dan dinginkan. Setelah itu itu potong adonan yang telah dingin, bentuknya sesuai selera. Sampai di sini, potongan nugget bisa disimpan di dalam lemari pendingin dan bisa digoreng sewaktu-waktu.

Selain itu anda juga bisa mencampurkan sayur-sayuran yang telah di potong halus ke dalam adonan nugget yang telah ada tadi..

Saat hendak disantap, celupkan potongan nugget ke dalam putih telur. Kemudian balurkan tepung panir dan goreng di api sedang. Saat warnanya telah menguning, angkat dan santap dalam keadaan hangat. Cara membuat nugget tempe sangat mudah, karena itu jangan ragu mencobanya sendiri di dapur kesayangan Anda. Selamat mencoba!
0 Komentar untuk "Nugget Tempe Makanan Sehat Penambah Selera Makan Anak"

back to top