Lidah Buaya Dan Manfaatnya Bagi Manusia

Lidah Buaya Dan Manfaatnya Bagi Manusia

Lidah, buaya, Manfaat, Manusia
Lidah Buaya Dan Manfaatnya Bagi Manusia - Semua orang pasti sudah sangat mengenal tumbuhan Lidah Buaya, tumbuhan yang biasanya dipergunakan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah karena memiliki bentuk dan struktur yang unik. Selain sebagai tanaman hias lidah buaya juga memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan manusia, oleh karena itu lidah buaya banyak di pergunakan sebagai bahan obat-obatan dan bahan dasar kosmetik serta perawatan kecantikan malah baru-baru ini Lidah Buaya juga diolah menjadi makanan atau minuman. Nah, apa sih keunggulan Lidah Buaya ini sehingga bisa dimanfaatkan sedemikian rupa, untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan mengenai Lidah Buaya berikut ini.
Lidah buaya atau Aloe Vera mempunyai nama latin Aloe Barbadensis Milleer, tanaman yang termasuk dalam familli Liliaceae ini memiliki bentuk menyerupai kaktus yang daunnya bergerigi dan meruncing ke ujungnya, sedangkan bagian dalamnya berupa getah yang berwarna bening. 

Tanaman Lidah Buaya bukanlah tanaman asli Indonesia, Lidah Buaya berasal dari  Benua Afrika dan Asia Timur, dibawa ke Indonesia oleh Pedagang Arab beberapa ratus tahun lalu.
Di dalam Lidah Buaya terkandung zat-zat seperti Asam Amino, Vitamin, Enzim, Polisakarida, Mineral dan zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Kandungan Kimia yang terkandung di dalam Lidah Buaya diantaranya: Aloin, Barbaloin, Isobarbaloin, Aloe-emodin, Aloenin dan aloesin. sedangkan kandungan gizi dalam lidah buaya antara lain, vitamin A, B1, B2, B3, B12, C, E, choline, inositol dan asam folat. Kandungan mineralnya antara lain terdiri dari: kalsium (Ca), magnesium (Mg), potasium (K), sodium (Na), besi (Fe), zinc (Zn), dan kromium (Cr).
Manfaat lidah buaya tidak hanya untuk tubuh bagian dalam akan tetapi juga bisa bagi tubuh bagian luar, semenjak zaman dahulu lidah buaya telah dipergunakan sebagai bahan perawatan kecantikan, dan sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi saat ini lidah buaya telah dikembangkan menjadi bahan dasar alat kosmetik dan kesehatan. berikut beberapa khasiat Lidah Buaya yang dimanfaatkan oleh manusia:

1.  Manfaat Bagi Perawatan Kulit

a. Mencerahkan Kulit Wajah
Manfaat lidah buaya bagi kulit sangatlah banyak, salah satunya untuk mencerahkan kulit wajah, dengan mengoleskan gelly lidah buaya secara rutin pada wajah dapat mencerahkan wajah secara merata dan lebih alami.

b. Mengobati Jerawat
Lidah Buaya dapet mengobati jerawat yang bersemi indah pada wajah, hal ini bisa dilakukan dengan mengoleskan getah yang terdapat pada jerawat karena lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi yang meringankan infeksi disebabkan oleh jerawat.

2. Manfaat Lidah Buaya Bagi Perawatan Rambut

Selain perawatan kulit, Lidah Buaya juga bisa dipergunakan sebagai perawatan rambut yaitu:

a. Mencegah Rambut Rontok
Kandungan mineral dan vitamin yang banyak pada lidah buaya yang efektif mengobati rambut rontok, campur lidah buaya dengan Shampo dan oleskan pada rambut anda.

b. Kondisioner Alami
Lidah Buaya merupakan Kondisioner alami karena memiliki efek pendingin, dengan memijit kepala dengan jus lidah buaya secara merata dan mendiamkannya beberapa waktu kemudian dibilas dengan shampo, dapat menyehatkan dan melembutkan rambut anda.

c. Melawan Ketombe
Ketombe disebabkan oleh kulit kepala yang tidak sehat, nah dengan mengoleskan jelly ke kulit kepala anda, dapat mencegah datangnya ketombe, karena lidah buaya melindungi kulit kepala dari kotoran dan menyembuhkan luka akibat garukan tangan.

d. Mencegah Kebotakan
Lidah buaya dapat menyuburkan rambut, dan memberikan vitamin pada akar rambut, sehingga memperkecil kemungkinan kerontokan rambut.

e. Pelembab Alami
Lidah buaya mencegah kekeringan pada rambut, karena jelly lidah buaya sangat baik melindungi rambut terkena sengatan matahari.

3. Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Dengan mengkosumsi lidah buaya, bisa memberikan efek yang baik untuk tubuh, karena lidah buaya mengandung Vitamin, mineral, serta zat-zat alami yang diperlukan oleh tubuh. Manfaat lidah buaya bagi tubuh antara lain:

a. Mencegah Panas Dalam
b. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
c. Menyembuhkan Gangguan Pencernaan dan
d. Melawan Diabetes

Begitu banyak manfaat Lidah Buaya bagi perawatan tubuh, nah tidak ada salahnya kita mulai menanam dan memanfaatkan Lidah Buaya di lingkungan kita.
0 Komentar untuk "Lidah Buaya Dan Manfaatnya Bagi Manusia"

back to top