Apa Itu LUPUS?

Apa Itu LUPUS?

Penyakit, Lupus
APA ITU LUPUS? - Saat mendengar kata Lupus pasti yang teringat pertama kali dalam benak kita adalah novel laris tahun 90 an karya Hilman dan Boim, namun lupus yang saya maksud bukanlah sebuah novel atau sejenisnya tapi sebuah penyakit langka yang berbahaya dan sejajar dengan kanker, jantung, AIDS, paru-paru, ginjal dan sebagainya...

Anda pasti merasa heran, memangnya ada suatu penyakit yang bernama Lupus? untuk itu saya akan mencoba menjelaskan apa itu Penyakit Lupus.


What Is LUPUS? atau Apa Itu Lupus?
Nama LUPUS untuk penyakit Systemic Lupus Erythematosus yang biasa disingkat dengan SLE memang baru muncul sejak abad ke-10. namun konon penyakit ini sudah ditemukan jauh sebelumnya. Menurut para ahli Kedokteran Dunia LUPUS merupakan penyakit Autoimun yang melibatkan berbagai organ tubuh dengan gejala dan keluhan yang bervariasi mulai dari ringan sampai berat. Dijelaskan juga bahwa Autoimun berarti sistem kekebalan tubuh yang seharusnya bekerja melawan benda atau zat asing yang masuk ke dalam tubuh, tidak mengenali zat yang berada dalam tubuh itu sendiri sehingga dari zat tersebut bisa dibentuk zat antinya (antibodi). Artinya, pada penyakit Lupus sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan dan menyerang jaringan tubuh yang normal. Zat anti yang merupakan komponen sistem kekebalan tubuh menjadi liar dan menyerang bagian tubuh yang seharusnya dilindungi. Serangan inilah yang menyebabkan terjadinya peradangan di berbagai organ dan menimbulkan gejala lupus.

Apa Pemicu Tumbuhnya Lupus?
Sampai saat sekarang ini para ahli kedokteran dunia belum bisa mengetahui apa penyebab atau pemicu serangan Lupus pada tubuh, akan tetapi ada beberapa faktor yang diduga dapat memicu serangan lupus pada penderita yang memang membawa sifat untuk lupus, beberapa faktor itu antara lain Sinar Ultraviolet, Infeksi Tindakan Pembedahan, Kehamilan, Keguguran, dan obat-obatan tertentu. Obat-obatan yang  termasuk misalnya Prokainamid (obat pengatur irama jantung), hidralazin (salah satu obat anti hipertensi), metildopa (obat saraf) dan klorpromazin (obat psikiatri). selain itu hormon dalam kontrasepsi juga disebut sebagai pemicunya, bahkan sering dihubungkan dengan fakta bahwa penderita lupus terbanyak adalah wanita subur
Di samping hal di atas, stres berat dan kelelahan dapat memicu timbulnya gejala-gejala lupus. Penelitian klinis yang mempelajari khusus hubungan ini memang belum ada. Namun dari pengalaman para dokter dan pasiennya stres dapat memicu terjadinya serangan lupus.

Kenapa Dikatakan Lupus Lebih Sering Menyerang Wanita daripada Pria?
Memang ini sudah dibuktikan melalui berbagai penelitian. diduga lupus memang berhubungan dengan faktor hormonal, terutama hormon esterogen. Oleh karena itu wanita penderita lupus tidak diperkenankan menggunakan jenis kontrasepsi KB yang mengandung hormon esterogen baik dalam bentuk pil, suntikan, maupun susuk, dan lebih dianjurkan untuk menggunakan alat kontrasepsi yang non hormonal saja.


Apa Gejala-gejala dari Lupus?


Lupus dikenal sebagai penipu ulung, karena pada keadaan awal penyakit ini sering sukar dikenali, karena gejalanya tidak timbul bersamaan. Lupus memang tergolong penyakit kronik. beberapa gejala muncul perlahan-lahan dan dapat hilang timbul, ini disebut dengan Dyinamic Condition (kondisi yang berubah-ubah. Keluhan tersering penderita lupus adalah rasa lelah dan demam yang berkepanjangan. Pada awalnya demam diduga demam tifus, namun setelah diberi obat pun keluhan demam tetap ada. Demam yang lama juga mengarahkan diaknosa dokter pada penyakit Tuberkulosis (TBC). Maka tak heran penyakit lupus disebut-sebut sebagai penipu ulung karena bisa menyerupai penyakit lain.

Di samping gejala di atas gejala lain yang dapat timbul adalah rasa pegal di otot dan sendi, penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, ruam merah di kulit terutama muka, dan kerontokan rambut. Pada serangan yang lebih serius, dapat timbul gejala-gejala sesuai dari sistem tubuh yang terkena seperti jantung, paru-paru, hati, ginjal, saluran cerna, darah dan pembuluh darah serta sistem saraf.


Adakah Obat Lupus tersebut?

Sayangnya sampai saat sekarang ini belum ada obat untuk menyembuhkan lupus. Yang ada hanya obat-obatan yang efektif untuk mengontrol atau meredakan gejala, namun keberhasilan pengobatan bukan hanya dari obat-obatan, akan tetapi juga melalui pengaturan pola hidup sehari-hari dengan arti kata penderita harus cukup istirahat, tidur dengan cukup, dan memperoleh gizi yang seimbang, hindari juga paparan langsung sinar matahari di siang hari yang dapat menjadi pemicu terutama dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore karena pada waktu ini paparan sinar ultraviolet paling tinggi.


Itulah paparan mengenai penyakit yang tergolong berbahaya ini, semoga bermanfaat bagi sobat semua, seperti ujar-ujar "Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati"

This Article was Dedicated for my lovely little sister MEGA ANGELINA BASRI who left us forever because this Disease.
0 Komentar untuk "Apa Itu LUPUS?"

back to top