Darimana Asalnya Sariawan...?

Darimana Asalnya Sariawan...?

sariawan, asal, penyebab
Darimana Asalnya Sariawan...? - Sariawan merupakan penyakit yang pernah diderita oleh manusia di muka bumi ini, dengan kata lain sariawan merupakan penyakit umum yang bisa menimpa siapa saja tanpa memandang status sosial dan umur orang yang diserangnya. Sampai saat ini tak diketahui pasti, apa penyebab sariawan (Stomatitis Aftosa). Namun, ada banyak faktor yang bisa memicu timbulnya sariawan, antara lain:


1). Trauma (misalnya, tergigit, kena sikat gigi, ada gigi berlubang yang pinggirnya tajam, tertusuk duri ikan, pemakaian gigi palsu, panas dalam, dan lain-lain).
 
2).  Stres (tentu hanya penderitanya yang tahu). Ada orang yang setiap "tanggung bulan" terkena sariawan.

3). Alergi terhadap makanan tertentu: Coklat, cuka, sambal, susu, kacang, dan lain-lain. Hal ini dapat dievaluasi dengan mencatat makanan apa saja yang saat dimakan, kemudian menimbulkan sariawan.

4). Ganguan Hormonal. Pada wanita tertentu, setiap kali haid dapat juga memunculkan sariawan.

5). Gangguan pencernaan, semisalnya sukar buang air besar.

6). Kekurangan vitamin, seperti Vitamin C/ asam folat, vitamin B12.

7). Kelainan darah, misalnya anemia.

8). Infeksi Virus, biasanya diawali dengan demam dahulu 2 - 3 hari sebelumnya. Contohnya penderita Herpes.

9). Genetik. Sariawan karena faktor keturunan.

Tanpa obat, sebenarnya sariawan bisa sembuh dalam waktu maksimal 14 hari, kecuali yang berukuran lebih dari 1 cm, bisa bertahan hingga tiga minggu. Di dekat luka lama, sariawan dapat saja timbul kembali, sehingga kesannya sudah sembuh dalam waktu 2 - 3 minggu. Jika tidak sembuh juga, harus diperiksa kemungkinan dampak lain dari sariawan, misalnya tingkat keganasannya.

pemberian obat-obatan di atas permukaan luka sariawan, biasanya bisa mengurangi rasa sakit atau perih dan mengurangi kemungkinan infeksi, namun selama faktor pemicunya tidak diatasi atau dihilangkan, maka sariawan ini akan selalu kembali, cepat atau lambat.
0 Komentar untuk "Darimana Asalnya Sariawan...?"

back to top