Macam-macam Virus Dan Penyakit Yang Ditimbulkan

Macam-macam Virus Dan Penyakit Yang Ditimbulkan

macam-macam-virus-dan-penyakit-yang-ditimbulkan
Macam-macam Virus Dan Penyakit Yang Ditimbulkan - Tuhan menciptakan Makhluk-Nya dengan beragam bentuk, ada yang sempurna dan ada juga yang tidak sempurna, ada yang kasat mata, ada pula yang tidak bisa dilihat hanya dengan menggunakan mata telanjang, ada yang susunannya compleks ada pula yang susunan pembentuk tubuhnya sangat sederhana, itu semua memiliki arti dan fungsi masing-masing.


Kita beranggapan serangga adalah makhluk penghuni bumi yang paling banyak, namun sebenarnya ada lagi makhluk yang memiliki jumlah lebih banyak dari pada serangga, yaitu Virus dan Bakteri. Bicara tentang virus dan bakteri mungkin kita membayangkan bagaimana sih sebenarnya bentuk kedua makhluk tersebut, virus dan bakteri merupakan makhluk terkecil yang diciptakan oleh Sang Pencipta, dengan susunan tubuh yang sangat sederhana, tubuh mereka di bentuk dari protein dan enzim sederhana pula, namun mereka ada yang menguntungkan dan banyak juga yang menyebabkan kerugian bagi manusia.



Berbicara tentang virus dan bakteri, maka kali ini kita akan berbicara mengenai apa itu virus dan macam-macamnya.



Virus adalah Parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis, Virus bersifat parasit obligat, hal tersebut disebabkan karena virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan menginvasi dan memanfaatkan sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri. Biasanya virus mengandung sejumlah kecil asam nukleat (DNA atau RNA, tetapi tidak kombinasi keduanya) yang diselubungi semacam bahan pelindung yang terdiri atas protein, lipid, glikoprotein, atau kombinasi ketiganya. genom virus akan diekspresikan menjadi baik protein yang digunakan untuk memuat bahan genetik maupun protein yang dibutuhkan dalam daur hidupnya. 



Secara garis besar, virus dibagi menjadi dua bagian, yaitu virus DNA dan virus RNA.



A. VIRUS DNA



Virus DNA adalah virus yang materi genetiknya berupa asam nukleat yang berbentuk rantai ganda berpilin. Di dalam sel inangnya, DNA pada virus akan mengalamireplikasi menjadi beberapa DNA dan juga akan mengalami transkripsi menjadi mRNA.mRNA akan mengalami translasi untuk menghasilkan protein selubung virus. Masih didalam sel inang, DNA dan protein virus mengkonstruksikan diri menjadi virus – virus baru. mRNA juga akan membentuk enzim penghancur (Lisozim) sehingga sel inang lisis(hancur) dan virus – virus keluar untuk menginfeksi sel inang lainnya. Contoh Virus ini :



1. Papiloma

Menyerang kulit, dapat menimbulkan kutil, benjolan kulit dan infeksi organ dalam serta kanker.


2. Poliloma

Menyerang Kulit dengan timbulnya bercak kemerahan, seringkali menyerang anak-anak.


3. Parvovirus B19

Infeksi parvovirus B19 adalah penyakit ruam ringan yang disebabkan oleh Parvovirus B19. Penyakit ini juga disebut eritema infectiosum. Hal ini lebih sering terjadi pada anak dibandingkan orang dewasa. Seseorang biasanya sakit dalam 4 sampai 14 hari kadang-kadang sampai 20 hari setelah terinfeksi Parvovirus B19. Sekitar 20% anak-anak dan orang dewasa yang terinfeksi virus ini tidak akan memiliki gejala.


4.Andenovirus

Adenovirus pada manusia dapat menimbulkan infeksi saluran pernapasan yang mirip dengan influenza. Meskipun demikian adenovirus manusia yang di inokulasi pada bayi hamster, tikus atau mencit ternyata dapat menimbulkan kanker. juga sel-sel rodent secara in vitro dapat dipengaruhi olah virus ini sehingga bersifat ganas.


5. Herpes simpleks I (luka di sekeliling mulut)

Virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1) adalah penyebab umum untuk luka-luka demam (cold sore) di sekeliling mulut yang dapat menginfeksikan daerah mulut melalui hubungan seks.


6. Herpes simpleks II (perlukaan genital)

Virus herpes simpleks tipe 2 (HSV-2) biasanya menyebabkan herpes kelamin yang dapat menyebabkan infeksi pada kelamin


7. Varicella zoster

Merupakan Virus penyebab penyakit cacar air


8. Virus Epstein-Barr

Menyebabkan Mononukleusis


9. Cytomegalovirus

Suatu virus yang tergolong keluarga virus herpes yang dapat menyebar dengan mudah melalui cairan tubuh, seperti darah, air liur, urin, mani, dan air susu ibu. Hampir semua orang akan terinfeksi oleh virus ini tetapi kondisi ini jarang menimbulkan gejala karena sistem kekebalan tubuh mampu melawan virus ini. Namun, pada orang-orang yang sistem kekebalan tubuh yang melemah, seperti orang yang telah melakukan transplantasi organ atau sedang dalam pengobatan kemoterapi, mereka dapat mengalami gejala, seperti demam, diare, gangguan penglihatan dan bahkan kejang. Tidak ada pengobatan untuk kondisi ini


10. Vaccinia


11. Roseola


12. Cacar sapi


13. Cacar


14. Bakteriofag


15. Hepatitis B virus


16. Smallpox virus


17. Transfusion Transmitted Virus


18. JC virus (progressive multifocal leukoencephalopathy)


19. Anellovirus


20. Salterprovirus



B. VIRUS RNA



Virus RNA adalah virus yang materi genetiknya berupa asam nukleat yang berbentuk rantai tunggal atau ganda tidak berpilin. Di dalam sel inangnya, RNA padavirus akan mengalami transkripsi balik menjadi Hibrid RNA-DNA dan akhirnyamembentuk DNA. Selanjutnya DNA virus akan masuk ke inti sel inangnya, menyisip kedalam DNA inangnya. DNA virus akan merusak DNA inangnya dan membentuk mRNA.mRNA akan mengalami translasi untuk menghasilkan protein selubung virus untuk menbentuk virus – virus baru. Contoh Virus ini :



1. HIV AIDS


2. Influenza


3. Virus Hepatitis E


4. Poliovirus


5. Paramyxovirus Paramyxovirus


6. Virus enterik


7. Virus rubella


8. Virus demam kuning


9. Virus ensefalitis


10. Virus tumor RNA


11. DHF (demam berdarah)


12. Rabies


13. Campak


14. Rhinovirus (demam dan pilek)


15. Reovirus (diare)


16. Gondong


17. Rotavirus


18. Enterovirus


19. Hepatovirus


20. Virus ebola



Nah, itulah beberapa penyakit yang disebabkan oleh Virus-virus tersebut, tidak sama dengan Bakteri sekitar 90% jenis virus merugikan pada manusia, jadi jagalah kesehatan, karena dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat mencegah infeksi yang disebabkan oleh virus tersebut.
0 Komentar untuk "Macam-macam Virus Dan Penyakit Yang Ditimbulkan"

back to top