10 Game Yang Bukan Diperuntukkan Bagi Anak-Anak

10 Game Yang Bukan Diperuntukkan Bagi Anak-Anak



10 Game Yang Bukan Diperuntukkan Bagi Anak-Anak - Di era perkembangan teknologi yang semakin pesat ini anak-anak sudah sangat jarang sekali bermain dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar mereka, mereka lebih cenderung berdiam diri di rumah sepulang dari sekolah ketimbang bermain di luar dengan teman-teman sebaya mereka, hal ini disebabkan beberapa factor yang antara lain disebabkan oleh kesiukan kedua orang tua mereka dlam bekerja. Para orang tua merasa takut jika anak mereka bermain di luar rumah karena jauh dari pantauan mereka, mereka lebih memilih untuk memfasilitasi anak-anak mereka dengan hal-hal yang dapat membuat anak-anak tersebut merasa betah berada di rumah, contohnya dengan memberikan fasilitas televisi dan video game, mereka tidak menyadari bahwa apa yang mereka lakukan tersebut justru lebih membahayakan terhadap perkembangan si anak tersebut, selain terganggunya perkembangan saraf motorik anak, hal tersebut juga dapat mengakibatkan si anak kurang bersosialisasi dengan lingkungan dan memiliki wawasan yang minim.

Namun jika si orang tua tetap ingin menjaga anaknya dengan tetap memberikan fasilitas seperti disebutkan di atas tadi, si orang tua harus lebih jeli dan selektif dalam menentukan apa yang baik untuk di tonton atau di mainkan oleh anak mereka, nah berikut ini merupakan beberapa permainan yang tidak baik dimainkan oleh anak-anak karena mengandung unsure-unsur yang belum bisa dicerna oleh si anak tadi dan hanya cocok dimainkan oleh orang-orang dewasa dengan kata lain berumur 18+.

Game-game yang kurang baik bagi anak-anak di bawah umur tersebut adalah sebagai berikut:

1. Fallout: New Vegas 

Permainan ini memungkinkan pemain bebas menentukan pilihannya. Memilih dengan karakter mana mereka ingin berinterkasi, memilih dialog yang mungkin saja kasar atau berbau seksual, hingga memilih bagian tubuh mana yang ingin mereka tembak melalui gerak lambat. Dengan kelamnya pertarungan antar genk dalam game ini, jelas Fallout diperuntukkan bagi mereka yang sudah dewasa.

2. Medal of Honor 

Game ini berdasarkan kisah nyata, tentang perang di Afganistan. Namanya juga perang, dalam game ini disuguhkan pemandangan-pemandangan mengerikan seperti pembunuhan, mayat-mayat tentara yang berjatuhan hingga darah hasil tembakan yang dibalut dengan grafik yang hampir menyerupai aslinya. Terlalu banyak kekerasan untuk anak-anak di bawah usia. 

3. Assassin’s Creed: Brotherhood 

Game yang terinspirasi dari kehidupan di Roma jaman dulu ini memungkinkan pemainnya untuk mempekerjakan karakter non-player sebagai pembunuh. Beberapa adegan kekerasan dalam game ini ialah saat pemain melempar kapak ke kepala musuh sehingga darah bercucuran. Adegan semacam ini dipadu dengan tema-tema dan obrolan khusus dewasa. 

4. Call of Duty: Black Ops 

Dengan settingan perang dingin 1960an, game ini ‘menugaskan’ pemainnya untuk melakukan operasi militer di sejumlah negara seperti Vietnam dan Hong Kong. Perkelahian yang brutal di wilayah urban maupun pedesaaan adalah hal yang ditonjolkan di sini. Darah yang membanjiri pakaian adalah pemandangan yang umum dalam game ini sehingga sangat tidak dianjurkan dimainkan oleh anak-anak. Permainan online berseri ini juga berisiko membuat pemain kecandungan dan terjerat dengan permainan yang berkesan tak ada habisnya. 

5. Halo: Reach 

Lagi-lagi kekerasan, Franchise eksklusif yang dimainkan untuk Xbox ini merupakan pertarungan melawan alien. Pemain dituntut untuk memilih senjata favoritnya dan memakainya guna membunuh musuh yang menghadang. Kekerasan yang ada di game ini masih ditambah dengan kata-kata kasar di dalamnya.

6. Castlevania: Lords of Shadow 

Game ini menyajikan darah di mana-mana. Pahlawan dalam game Castlevania adalah anggota dari persaudaraan prajurit suci yang menggunakan rantai cambuk berisi air suci untuk mencabik musuhnnya. Dalam game ini pemain juga akan menyaksikan wanita bertelanjang dada seperti dalam karakter fantasi. 

7. Mafia II 

Terilhami dari film kriminal, Mafia II mengambarkan kehidupan gangster yang sangat kelam: keterlibatan mereka dengan obat-obatan serta alkohol ditambah dengan perlakuan buruk mereka terhadap wanita. 

8. Dead Rising 2 

Pertarungan melawan zombie yang tidak dianjurkan bagi pemula atau anak-anak di bawah umur. Gergaji mesin yang dipakai untuk menghalau jasad-jasad yang berkeliaran di Vegas, ditambah dengan pemandangan wanita dan iklan Playboy yang vulgar. Belum lagi kebiasaan minum minuman keras si pahlawan guna mengembalikan staminanya. 

9. Kane and Lynch 2: Dog Days 

Mengetengahkan 2 pemain yang tanpa moral, game ini lekat dengan kekerasan sehingga menjadikan 2 karakternya cukup melegenda. Lynch ialah sosok psikopat sedang Kane ialah kriminal kelas kakap yang suka melanggar hukum. Kekekrasan mereka lakukan terhdap warga sipi hingga petugas polisi. Grafik yang memukau di sini hanya untuk menonjolkan intensitas pertumpahan darah yang terjadi.

10. Naughty Bear 

Jangan terkecoh dengan nama dan ratingnya yang sebenarnya untuk Teen (remaja). Game ini menyuguhkan pembunuhan yang tak kalah kejinya. Naughty Bear adalah salah satu game terkejam di mana tokohnya menghabiskan waktu dengan membunuh teman-temannya dengan stik golf, menghantamkan kepala mereka di pintu mobil hingga menakut-nakuti mereka sampai mereka bunuh diri. Darah? Tentu saja ada di mana-mana. 

Pada intinya semua tergantung kita sebagai orang tua, walaupun anak-anak kita tidak berkeliaran bebas di luar dan hanya berada di rumah pada jam-jam bermain mereka, kita sebagai orang tua harus bisa memberikan pendidikan yang bermanfaat serta memberikan fasilitas yang berguna bagi tumbuh kembang anak tadi, semoga hal ini bisa menjadi acuan bagi kita sebagai orang tua.
0 Komentar untuk "10 Game Yang Bukan Diperuntukkan Bagi Anak-Anak"

back to top