Hal Yang Harus Diperhatikan Pada Saat Menginstall Software Di Komputer

Hal Yang Harus Diperhatikan Pada Saat Menginstall Software Di Komputer

Software, Instal, yang, harus, pada, komputer
Hal Yang Harus Diperhatikan Pada Saat Menginstall Software Di KomputerKomputer merupakan salah satu barang yang sangat berguna pada saat ini, kenapa tidak komputer telah dipergunakan untuk membantu segala kebutuhan dan pekerjaan manusia. Namun ada beberapa orang yang tidak memperhatikan keselamatan dan kurang menjaga kesehatan perangkat komputer mereka sehingga perangkat mereka tersebut tidak bekerja dengan baik dan terkadang malah sering erorr dan terjangkit banyak virus. Hal ini salah satunya diakibatkan oleh kurangnya kejelian para pengguna pada saat menginstall Software pendukung yang ada, oleh karena itu guna menjaga agar perangkat komputer kita jauh dari masalah dan tetap bisa dipakai lama maka kita harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Kenali Terlebih Dahulu Perangkat Komputer Anda

Mengenal perangkat komputer kita sangatlah penting, karena dengan mengenal perangkat tersebut kita bisa mengetahui apa yang baik dan buruk serta akibat yang ditimbulkan jika kita salah dalam menginstall atau menambahkan aplikasi baru pada perangkat komputer tersebut.

2. Kenali Spesifikasi Komputer Anda

Spesifikasi komputer memang sangat penting diperhatikan karena, dengan melihat spesifikasi komputer tersebut kita bisa tau aplikasi atau software apa saja yang cocok dipergunakan dalam komputer, karena dengan menginstall software atau aplikasi yang tepat dan sesuai dengan spesifikasi komputer kita, dapat membantu dan memperlancar kinerja komputer kita nantinya. Ada kalanya, software yang akan anda install tidak cocok dengan komputer anda (Atau bisa juga sebaliknya, komputer tidak cocok dengan software yang akan diinstall). Biasanya pada sebuah software terdapat aturan spesifikasi yang harus dipenuhi oleh komputer anda. Pastikan komputer anda memenuhi System Requirement dari software tersebut agar nantinya software bisa berjalan maksimal. Jangan paksaan install software pada komputer yang secara teknis belum memenuhi system requirement dari software tersebut. Jika anda sudah memastikannya, silahkan install software dengan aman dan nyaman.

3. Kenali Kualitas Dan Asal Usul Software

Sebelum menginstal sebuah software ke dalam perangkat komputer kita terlebih dahulu harus mengenal asal usul dari software tersebut, dan selain itu kita juga harus mengerti cara kerja dan manfaat dari software tersebut bagi kita, kalau itu hanya sebuah software yang tidak teralalu penting bagi kita, saya sarankan anda lebih baik untuk tidak menginstallnya, apalagi software tersebut berasal dari penyedia yang belum terpercaya. Mengapa saya sarankan demikian, hal ini karena saat ini banyak sekali software yang menawarkan sesuatu yang sangat berguna bagi komputer kita dan alhasil setelah software tersebut terinstall pada komputer kita, ternyata komputer kita menjadi lelet dan parahnya lagi ternyata software tersebut sebuah virus yang dapat merusak sistem pada komputer kita. Dan jikalau anda benar-benar membutuhkan software tersebut, lebih baik komputer anda telah dipasangi anti virus yang handal, karena pada saat master installernya mulai bekerja, anti virus tadi akan langsung mendeteksi ancaman yang ada dan langsung mengambil tindakan pencegahan. 

4. Usahakanlah Memilih Program Umum Dari Penyedia Terpercaya  Yang Sudah Terjamin Kehandalannya

Saat ini begitu banyak program-program yang menawarkan keunggulan dan kelebihan dari program lain yang umum dipakai, namun kebanyakan dari program tersebut bersifat virus dan malware yang dapat mengganggu kinerja perangkat komputer kita. Hal ini sesuai dengan sifat manusia yang selalu ingin mencoba sesuatu hal yang baru, namun hal ini ternyata membawa akibat buruk pada perangkat komputer kita. Oleh karena itu tidak apa-apa kita memakai software yang sudah umum dipakai karena yang sudah umum tersebut memang telah terjamin keamanan dan kehandalannya.

5. Pilihlah Directory Instalan Yang Tepat

Pemilihan directory instaler juga sangat penting, karena pada drive komputer tersebut telah terdapat pembagian-pembagiannya tersendiri, dalam hal ini biasanya directory yang digunakan khusus untuk menyimpan file hasil instalan adalah Drive (C:), kalau di simpan pada drive yang lain dikhawatirkan akan terjadi kesalahan program atau program tersebut tidak berjalan dengan baik, selain itu jika program tersebut berasal dari penyedia yang ilegal, maka kerusakan akan menjangkiti file yang kita simpan pada drive selain Drive (C:) tersebut.

6. Jangan Asal Klik

Kebanyakan dari kita banyak yang tidak membaca peringatan atau pemberitahuan yang muncul pada saat kita memulai penginstalan, hal ini kebanyakan karena dialog yang muncul berbahasa Inggris dan kita tidak terlalu mengerti akan peringatan tersebut, kita hanya asal pencet "Next" saja dan alhasil komputer kita dengan sukses telah terinstal sebuah malware atau virus.

Kalau kita ingin menjaga dan merawat Perangkat Komputer yang selama ini telah membantu memudahkan pekerjaan, maka kita harus memperhatikan beberapa hal di atas, bagi kita itu hanya sebuah hal yang sepele, namun hal yang sepele tersebut jika tidak kita indahkan maka akan mengakibatkan dampak yang buruk bagi perangkat komputer yang kita gunakan, Semoga artiklel ini bermanfaat bagi kita semua.
0 Komentar untuk "Hal Yang Harus Diperhatikan Pada Saat Menginstall Software Di Komputer"

back to top